Sabtu, 06 Maret 2010

Trik Hindari Boros Saat di Supermarket

Berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket memang lebih nyaman dan praktis dibandingkan berbelanja di pasar tradisional. Akan tetapi, jika tidak berhati-hati tanpa sadar Anda bisa tergoda dan asal menyambar berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah kiat untuk membuat Anda tetap cermat dan mampu berhemat saat berbelanja di supermarket:

1. Baca brosur
Setiap pekan sejumlah supermarket biasanya menerbitkan edaran berupa brosur atau katalog berisi informasi berbagai harga produk yang dijual di toko mereka. Periksa setiap edaran tersebut untuk melihat supermarket mana yang memberikan penawaran menarik untuk berbagai keperluan pokok yang Anda butuhkan. Pilih satu supermarket saja, sebab mengunjungi beberapa tempat sama saja dengan menghabiskan bensin dan waktu Anda yang berharga.

2. Batasi kunjungan
Lakukan kegiatan berbelanja tidak lebih dari satu kali dalam seminggu berdasarkan daftar kebutuhan yang telah ditulis. Hal ini berguna untuk menghindari kebiasaan berbelanja secara impulsif yang menghamburkan banyak uang. Jika Anda tiba-tiba kehabisan bahan makanan tertentu sebelum sepekan, pergilah ke supermarket dengan uang secukupnya di tangan. Dengan demikian, Anda bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang lain yang tidak diperlukan.

3. Belanja sendirian
Jika mungkin, tinggalkan suami dan anak-anak di rumah ketika Anda pergi berbelanja. Semakin banyak orang, semakin banyak tuntutan untuk membeli ini-itu dan Anda pun mungkin tidak tega untuk menolaknya. Jika Anda masih lajang, hindari pergi berbelanja dengan teman-teman karena godaan untuk menghambur-hamburkan uang akan terasa lebih besar.

4. Perhitungan
Barang yang sedang diobral belum tentu menjadi pembelian terbaik. Membandingkan setiap harga barang akan membuat Anda mendapatkan penawaran terbaik. Jika perlu, secara praktis gunakan fitur kalkulator di ponsel Anda untuk menghitung dan membandingkan harga berbagai produk.

5. Mengecek bonus
Jika Anda memiliki kartu keanggotaan suatu supermarket, kemungkinan besar ada penawaran menarik yang dapat Anda peroleh lewat status tersebut. Misalnya potongan harga atau bonus produk tertentu setiap mencapai nominal pembelanjaan tertentu. Jangan lupa untuk selalu mengecek bonus Anda dengan kasir ketika melakukan pembayaran. Akan tetapi, jangan memaksakan diri mencapai nominal tersebut jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, hanya demi mendapatkan bonus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar