Jumat, 12 Maret 2010

Apa itu fitur T9 di Ponsel?

Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu dan sering melihat fitur T9 ini di ponsel, namun kemungkinan besar dari pengguna tidak pernah menggunakan fitur T9 ini, dan jika pun digunakan Anda malah kebingungan karena tulisan tidak keluar seperti biasanya.

T9 merupakan singkatan dari “Text on 9 Keys“, yakni sebuah software yang banyak diinstal di ponsel untuk memberikan kemudahan dan kecepatan pengetikan di keypad numeric ponsel.

Saat ini, mungkin terdapat lebih dari 1,000 model mobile phone yang telah dilengkapi dengan kemampuan T9 Text Input ini. T9 memungkinkan pengguna ponsel dapat mengetik dengan cepat dan tepat. Karena pengguna ponsel hanya tinggal menekan tombol per satu huruf bukan berulang-ulang seperti biasanya.

Pengguna juga dapat mengabaikan huruf yang sudah tertampil di layar ponsel sebelum pengguna selesai memasukkan semua huruf. Pada saat anda mengetik dengan T9 input, Software T9 akan mencocokkan kata yang diketikkan, dan kata yang dimasukkan dapat berubah atau diubah sesuai ejaan ketika pengguna menekan setiap tombol di keypad.

Cek pilihan yang ditawarkan T9, jika T9 tidak menampilkan kata yang dicari, tekan tombol Next, dan pengguna bisa men-scroll untuk mencari kata yang dicari. T9 juga dikenal dengan istilah Predictive Text, Dictionary, atau T9 Word.

Satu aturan soal T9 ini adalah pengguna hanya menekan satu tombol untuk setiap huruf. dan T9 tidak mengenal tulisan yag disingkat-disingkat. T9 juga dapat membantu pergantian (switch) antara huruf ke angka ketika mengetik pesan text dari ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar